- STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Lulusan TK Al-Qur’an, memiliki kemampuan dasar:
1. Membaca Al-Qur’an sesuai kaidah ilmu tajwid dengan benar dan baik.
2. Menghafal Surah pendek, minimal 12 surah
3. Menghafal doa-doa harian dan mengerti etika (adab)nya, minimal 15 doa
4. Menghafal bacaan sholat
5. Melakukan praktek berwudhu dan shalat
6. Menulis huruf hijaiyah
7. Memiliki dasar-dasar aqidah-akhlak
- STANDAR ISI KURIKULUM
Standar
kompetensi lulusan sebagaimana tersebut di atas akan dicapai dalam masa
2 tingkat yang terbagi dua paket, A dan B dengan masing-masing dua
semester. Seminggu masuk 5-6 hari, tiap masuk berlangsung selama 4 jam
pelajaran @ 30 menit.
1. Materi Paket A
a. Pembelajaran membaca Al-Qur’an, dengan menggunakan buku yang dipandang praktis, efektif dan menyenangkan.
b. Hafalan 12 surah-surah pendek, QS.An-Nas sampai dengan Al-Ashr
c. Hafalan doa dan etika (adab) sehari-hari, yang terdiri dari:
1. Etika dan doa untuk kedua orang tua
2. Etika dan doa belajar
3. Etika dan doa sebelum dan sesudah makan
4. Etika dan doa masuk dan keluar wc
5. Doa kebaikan dunia-akherat
6. Etika dan doa awal dan akhir majlis (pertemuan)
7. Etika dan doa masuk dan keluar rumah
8. Doa memohon rohmat Allah
9. Etika dan doa membaca Al-Qur’an
10. Etika dan doa akan dan bangun tidur
d. Hafalan bacaan sholat (cukup dipilih satu macam bacaan saja)
e. Praktek wudlu dan sholat fardlu dengan berjamaah
f. Tahsimul kitabah (menulis dan mewarnai huruf hijaiyah dan angka arab)
g. Aqidah akhlaq yang dikemas dalam bentuk BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi) yang meliputi:
1. Makna syahadatain
2. Bukti keesaan dan kebesaran Allah
3. 10 nama malaikat dengan tugas-tugasnya
4. 25 nama Rosulullah
5. 4 kitab Allah yang wajib diimani
6. Hari akhir dengan rangkaiannya
7. Takdir Allah
8. Rukun Islam yang lima
2. Materi Paket B (TK Al-Qur’an Lanjutan)
a. Tadarus Al-Qur’an sesuai kaidah ilmu tajwid, mulai dari juz 1,2,3,…dst.
b. Ilmu tajwid, yang meliputi :
1. Mukharijul huruf
2. Hukum bacaan tanwin dan nun sukun
3. Macam-macam idghom (mutamatsilain, mutaqoribain dan mutajanisain)
4. Bacaan qolqolah
5. Hukum dan macam-macam mad
c. Hafalan surah-surah pendek
1. Memperlancar 12 surah pendek yang ada pada Paket A
2. Bila telah lancar, dilanjutkan menghafal QS. At-Takatsur sampai dengan Ad-Dhuha
d. Aqidah-akhlaq yang dikemas dalam bentuk BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi)
1. Pendalaman materi-materi pada Paket A
2. Akhlaq terhadap orang tua
3. Akhlaq berpakaian
4. Akhlaq di dalam masjid
5. Akhlaq dalam pergaulan
6. Akhlaq ketika hujan dan ada petir
e. Dasar-dasar ulumul Qur’an, meliputi:
1. Pengertian Al-Qur’an
2. Fungsi Al-Qur’an bagi manusia
3. Pembagian Al-Qur’an menjadi juz, surah dan ayat
4. Nama-nama surah dalam Al-Qur’an
f. Hafalan doa dan etika sehari-hari :
1. Pendalaman materi-materi pada Paket A
2. Etika dan doa bercermin dan berpakaian
3. Etika dan doa mendengar adzan
4. Doa iqomah
5. Etika dan doa masuk dan keluar masjid
6. Etika dan doa ketika bersin
7. Etika dan doa naik kendaraan
g. Tahsimul kitabah (menulis ayat-ayat Al-Qur’an)
- STRUKTUR KURIKULUM
1. Kompetensi Tingkat Satuan Pendidikan
Taman
Pendidikan al-Qur’an bertujuan menyiapkan terbentuknya generasi
Qur’ani, yaitu generasi yang memiliki komitmen terhadap al-Qur’an
sebagai sumber perilaku, pijakan hidup dan rujukan segala urusannya. Hal
ini ditandai dengan kecintaan yang mendalam terhadap al-Qur’an, mampu
dan rajin membacanya, terus menerus mempelajari isi kandungannya, dan
memiliki kemauan yang kuat untuk mengamalkannya secara kaffah dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kompetensi Tingkat Satuan Pelajaran
Untuk
mencapai Kompetensi Tingkat Satuan Pendidikan di atas telah dirumuskan
mater-materi yang tertuang dalam Standar Isi Kurikulum yang bisa
dikelompokkan dalam Satuan Pelajaran sebagai berikut:
a. Qiro’ah (baca Al-Qur’an)
b. Tahfidz
c. Pengenalan aqidah
d. Penerapan ibadah
e. Penerapan akhlaq
Standar
Kompetensi Mata Pelajaran (SKKMP) dikembangkan tujuan dan cakupan
muatan dan/atau kegiatan setiap kelompok mata pelajaran, yakni:
a. Kelompok
Mata Pelajaran Qiro’ah bertujuan: membentuk santri menjadi pribadi yang
mencintai Al-Qur’an, mampu dan gemar membaca Al-Qur’an dan berusaha
memahaminya. Tujuan tersebut dicapi melalui muatan dan/atau kegiatan
belajar membaca Al-Qur’an dan tadarus.
b. Kelompok
Mata Pelajaran Tahfidz bertujuan: agar santri mampu menguasai doa-doa
harian, surah-surah pendek, kelompok ayat pilihan. Tujuan tersebut dapat
dicapai melalui kegiatan menghafal doa-doa harian, surah-surah pendek,
kelompok ayat pilihan.
c. Kelompok
Mata Pelajaran Pengenalan Aqidah bertujuan: agar santri mempunyai
dasar-dasar keimanan yang kuat. Tujuan tersebut dapat dicapai melalui
kegiatan Bermain Cerita Menyanyi dengan muatan materi aqidah
d. Kelompok
Mata Pelajaran Penerapan Ibadah bertujuan: agar santri mampu
mengerjakan wudlu dan sholat lima waktu dengan tata cara yang benar.
Tujuan tersebut dapat dicapai dengan kegiatan praktek ibadah.
e. Kelompok
Mata Pelajaran Penerapan Akhlaq bertujuan: membentuk santri menjadi
pribadi yang berakhlaqul karimah. Tujuan tersebut dapat dicapai melalui
kegiatan Bermain Cerita Menyanyi dengan muatan materi aqidah.
3. Sebaran Isi dan Bobot Pelajaran
Standar
Isi Kurikulum sebagaimana tersebut di atas dalam penerapannya ada
beberapa mata pelajaran yang digabung, sehingga Struktur Kurikulum yang
setiap minggunya masuk 5 hari, sebagai berikut:
No
|
JENJANG
|
PAKET A
|
PAKET B
|
JUMLAH
| ||
Mata pelajaran
|
SMT I
|
SMT II
|
SMT I
|
SMT II
| ||
1.
|
Pelajaran Membaca Al-Qur’an dan menulis
|
5
|
5
|
-
|
-
|
10
|
2.
|
Tadarus Al-Qur’an, kajian ilmu tajwid dan menulis
|
-
|
-
|
5
|
5
|
10
|
3.
|
Hafalan surah-surah pendek dan doa-doa harian
|
3
|
3
|
3
|
3
|
12
|
4.
|
Praktek wudlu dan sholat berjamaah
|
5
|
5
|
5
|
5
|
20
|
5.
|
Tahsimul Kitabah
|
2
|
2
|
2
|
2
|
8
|
6.
|
Aqidah-akhlaq
|
3
|
3
|
3
|
3
|
12
|
7.
|
Dasar-dasar ulumul Qur’an
|
2
|
2
|
2
|
2
|
8
|
Jumlah
|
20
|
20
|
20
|
20
|
80
|
catatan :
1. Struktur ini bila santri masuk 5 kali dalam seminggu, tiap hari masuk 120 menit.
2. Tiap jam pelajaran 30 menit. Jadi tiap hari terdapat 4 jam pelajaran (20 jam pelajaran tiap satu minggu).
3. Bagi unit yang satu masuk kurang atau lebih dari 5 hari setiap minggunya, bisa menyesuaikan.
4. Standar Penilaian
1. Santri yang telah menyelesaikan satu jenjang Paket, berhak naik ke jenjang Paket berikutnya.
2. Evaluasi kenaikan jenjang dipercayakan kepada masing-masing unit
3. Untuk menjaga kualitas lulusan TK AL-QUR’AN, dan syi’ar dakwah al-Qur’an perlu diselenggarakan wisuda santri TK AL-QUR’AN
4. Upacara wisuda diikuti oleh santri yang telah menyelesaikan jenjang paket B
5. Standar
minimal Wisuda TK AL-QUR’AN adalah santri yang telah mencapai standar
kompetensi kelulusan sebagaimana tersebut di atas dan lulus munaqasah.
6. Munaqasah
diselenggarakan oleh Tim Munaqasah yang dibentuk dan mendapatkan SK
dari Dirwil. LPPTKA/BKPRMI/BADKO TKA/TPA Tk. Propinsi.
7. Semua
santri yang telah dinyatakan lulus munaqasah berhak mendapatkan
sertifikat/ijazah dari Dirwil. LPPTKA/BKPRMI/BADKO TKA/TPA Tk. Propinsi.
8. Sertifikat/Ijazah memuat nilai angka yang dinyatakan dalam:
1. 80-100 = A
2. 66-79,9 = B
3. 56-65,9 = C
4. 46-55,9 = D
5. < 45,9 = E
Tidak ada komentar:
Posting Komentar